Review RB941-2nD-TC hAP lite

Ethernet Shield for Arduino

Salam hangat dan jumpa lagi di blog saya :)
Melanjutkan post saya beberapa hari lalu yang membahas dan pengenalan tentang arduino, dan di postingan saya ini akan membahas apa itu Ethernet Shield dan contoh penerapan dalam Internet Of Thing atau yang sering disebut IoT dan lagi naik daun juga untuk istilah IoT ini. Namun untuk pembahasan dan penjelasan masalah IoT tidak saya jelaskan di postingan kali ini, karena saya ingin pembahasan lebih fokus dulu ke Ethernet Shield.

Untuk sahabat-sahabat reader bisa istirahat minum segelas teh hangat atau kopi untuk merilekskan badan dan pengeihatan kita ya :)

Fig 1. Ethernet Shield
Ethernet shield adalah sebuah extension board atau papan tambahan yang memiliki fungsi spesifik seperti pada Figure 1, dan dalam dunia arduino istilahnya adalah shield. jadi Ethernet Shield adalah kartu atau papan ekstensi ethernet. seperti halnya pada PC (Personal Computer) disana ada mainbord atau motherboard dan ada kartu ekstensi seperti VGA card, Sound Card, Ethernet Card, dsb.
Fungsi dari Ethernet Shield sendiri ada lebih dari satu fungsi seperti port ethernet yang bisa dihubungkan dengan konektor RJ45 lalu ada Micro SD Adapter yang bisa difungsikan sebagai storage dan terdapat socket pin input output digital analog yang bisa difungsikan untuk keperluan lain maupun shield lainnya dan tersedia pula reset button untuk fungsi restart. Jadi cara pemasanganya pun simple hanya di hubungkan kaki-kaki pin yang ada di bagian bawah ethernet shield ke socket pin yang ada di papan arduin uno.
Spesifikasi dari Ethernet Shield ini memiliki chip seri w5100 yang digunakan sebagai interface untuk port RJ45 dengan standard IEEE802.3af compliant berkecepatan 100Mb/s dan sudah mendukung fitur PoE yaitu Power Over Ethernet. Dengan PoE supply listrik bisa dialirkan melalui kabel UTP tanpa harus menggunakan kabel power DC yang dihubungkan ke arduino, jadi bisa lebih menghemat installasi kabel untuk medan yang jauh

Itulah penjelasan singkat tentang Ethernet Shield for Arduino dan akan saya lanjutkan pada postingan mendatang yaitu contoh penerapan Ethernet Shield untuk IoT

Terimakasih

Therealsatria



Comments